Home » , , , » Rasa Khas Teh Hitam Kaligua dan Tanpa Bahan Kimia

Rasa Khas Teh Hitam Kaligua dan Tanpa Bahan Kimia

Written By Unknown on Friday 17 October 2014 | 14:05


Sruputtttttt…, gimana ya saya pecandu teh tapi ini rasanya beda banget dengan teh yang biasa saya minum , Rasa khas teh itu tentu saja berbeda dari teh wangi, teh hijau ataupun teh yang dijual di pasar umum.

Teh hitam, begitu sebutan produk pabrik teh milik PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) yang terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Dusun Kaligua Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan, Brebes.

Pengelola Kebun Teh Kaligua mengatakan, ”Memang, kami hanya memproduksi. Kalaupun ada di pasar umum hanya sebagian kecil di wilayah Brebes. Untuk promosi dan lain-lain diserahkan ke Koperasi Pemasaran Bersama (KPB) Jakarta,

Mempertahankan teh tetap alami. Begitu kira-kira produk yang dihasilkan pabrik teh Kaligua. Bersih dari campuran bahan kimia apa pun. Sebagian besar produk ini berkualitas ekspor. Rata-rata dikirim ke negara-negara di Timur Tengah. Memang sedikit saja yang untuk konsumen lokal, Dia mengakui teh hitam memang kurang populer di tengah masyarakat. Selain karena memang kurang promosi, kebijakan manajemen PTP Nusantara IX lebih berorientasi ekspor.

Perbedaan antara teh wangi dan teh hitam terletak pada proses pengolahan. sebelum penyaringan pada umumnya teh wangi dipermentasi dengan gambir, sedangkan teh hitam tidak dicampuri apa pun. dari teh hijau langsung ke penyaringan. Jadi, teh yang dihasilkan tetap asli, sesuai dengan standar nasional industri (SNI). Soal rasa dan selera itu tergantung orangnya, tetapi yang jelas teh hitam itu asli tanpa ada campuran apa pun.

Tester laboratorium Toto Suharto menambahkan, produk yang dihasilkan terdiri atas berbagai klasifikasi.
‘Dari tahapan pengolahan itu bisa dilihat apakah teh ini cukup berkualitas atau tidak. Kami mengutamakan pengolahan yang sempurna,” ujar dia seraya menunjukkan beberapa produk teh yang berbeda rasa dan warna.

Nah tentu topmania sangat penasaran dan ingin mencoba rasa teh hitam kaligua baik yang celup dan dan serbuk. Jangan sungkan – sungkan berkunjung ke Kebun Teh Kaligua Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sekedar Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger